Tips Memilih Shock Breaker Yang Bagus Agar Tidak Tertipu


Sobat otobudi yang setia, jika anda memiliki dan menggunakan sepeda motor sehari-hari dalam beraktifitas, maka anda pun memiliki tanggung jawab dalam merawat motor anda. Tidak terkecuali komponen-komponen yang penting, salah satunya yaitu komponen Shock breaker.


Fungsi Shock breaker?


Shock breaker merupakan bagian sepeda motor yang berfungsi sebagai penyangga sepeda motor saat berjalan, menghubungkan sepeda motor dengan ban depan ataupun ban belakang. Selain itu fungsi utama shock breaker adalah sebagai peredam getaran pada sepeda motor saat motor melaju di jalan yang mulus bahkan di jalan yang berlubang.

Oleh karena itu, memperhatikan kondisi dan perawatan shock breaker wajib dilakukan. Anda mungkin akan merasa tidak nyaman jika saat berkendara, shock breaker motor anda dalam kondisi yang sudah tidak bekerja optimal.

Jika sudah seperti itu, biasanya menandakan bahwa shock breaker motor anda harus segera diganti dengan yang baru karena sudah tidak mampu lagi untuk meredam getaran yang nantinya akan membahayakan anda sebagai pengendara motor.


Mengganti Shock breaker untuk modifikasi


Sering kita perhatikan di kalangan pecinta otomotif dan inovasi otomotif, terutama kaum remaja saat ini banyak yang mengganti shock breaker motor mereka padahal shock breaker motor mereka tidak mengalami kerusakan yang parah.

Dengan alasan demi penampilan dan gaya, banyak yang mengganti shock breaker  keluaran Dealer resmi dengan shock breaker variasi yang biasa dijual di bengkel-bengkel modifikasi motor.

Tak heran jika banyak yang mengalami kerugian bahkan kecelakaan karena tidak jeli saat membeli shock breaker variasi yang baru. Kerugian terjadi karena shock breaker  yang dijual di bengkel-bengkel yang tidak resmi biasanya adalah barang palsu atau barang bekas yang dicat ulang seperti baru.

Jika sobat otobudi adalah salah satu dari orang yang ingin mempercantik tampilan motor dengan menggunakan shock breaker variasi, di bawah ini akan saya   jelaskan tips memilih shock breaker yang bagus dan terhindar dari penipuan oknum-oknum penjual yang tidak bertanggung jawab.


1. Perhatikan kondisi fisik shock breaker

Anda harus mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan mengganti shock breaker  anda dengan shock breaker variasi. Perhatikan apakah shock yang anda ingin beli bukan barang bekas yang dicat  ulang, ataupun barang palsu yang tentunya tidak baik untuk keamanan berkendara karena kualtiasnya yang sedikit rendah dibanding produk aslinya.


2. Perhatikan bekas goresan atau lecet


Tips yang kedua adalah dengan memperhatikan apakah ada bekas goresan, lecet ataupun bekas las pada shock breaker tersebut. Jika terdapat beberapa goresan atau bekas las, maka kemungkinan besar barang tersebut adalah barang bekas. Shock breaker  yang baru memiliki permukaan batang yang mulus dan tidak ada bekas las.


3. Perhatikan kode pada body shock breaker


Biasanya shock breaker yang asli memiliki kode yang terdapat pada batang shock breaker yang sengaja dibuat oleh beberapa produsen dengan menggunakan alat khusus semacam laser. Hal ini disebabkan agar anda bisa membedakan produk yang asli atau palsu.


4. Mengecek shock breaker jenis gas


Jika anda hendak mengganti shock breaker motor anda dengan yang variasi seperti shock breaker yang menggunakan gas, anda bisa melakukan pengecekan sendiri.

Caranya yaitu dengan menekan shock motor ke arah bawah. Perhatikan jika pergerakan shock kembali ke posisi semula dengan lancer, maka shock breaker motor anda masih baik dan tidak perlu diganti dengan yang baru.


5. Melihat anting bagian bawah shock breaker


Tips yang terakhir adalah dengan memperhatikan anting bagian bawah shock. Jika kondisinya masih bulat, maka kemungkinannya shock breaker anda masih dalam kondisi bagus. Tapi jika sebaliknya, kondisinya sudah tidak bulat lagi maka kemungkinan adalah barang bekas.


Kesimpulan


Untuk membeli komponen-komponen sepeda motor anda, termasuk mengganti komponen yang menurut anda harus diganti, anda harus bersikap sangat teliti dan hati-hati. Jika anda memilih barang yang salah, maka anda akan merasa tidak aman dan nyaman saat berkendara.

Semoga artikel tips ini bermanfaat buat semuanya.Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Memilih Shock Breaker Yang Bagus Agar Tidak Tertipu"

Post a Comment