Tips Mengetahui Penyebab Pengapian Motor tiba-tiba Hilang


 
Menggunakan sepeda motor alangkah baiknya juga jika anda bisa memahami gangguan yang terjadi pada motor anda dan bagaimana solusinya. Gangguan yang sering terjadi adalah hilangnya pengapian sepeda motor. Mungkin anda sering mengalaminya, saat sedang berkendara motor anda seperti kehilangan daya atau bahkan motor anda mogok.

Proses pengapian sepeda motor sangat erat hubungannya dengan proses pembakaran dan performa sepeda motor. Tenaga yang dihasilkan sepeda motor berasal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang pembakaran, dan proses pembakaran dipicu dengan adanya pengapian pada sistem pengapian sepeda motor.

Gangguan pada sistem pengapian, misalkan pada percikan api dalam proses pembakaran bahan bakar maka bisa memungkinkan terjadinya gangguan pada performa atau tenaga sepeda motor. Bahkan tidak adanya api yang memicu pembakaran dapat menyebabkan motor tidak mau hidup.

Biasanya cara untuk mengatasinya dengan memeriksa komponen pengapian motor satu per satu baru kemudian mencari solusi permasalahannya.

Di bawah ini adalah komponen pengapian yang bisa anda periksa ketika pengapian motor anda hilang :

1. Busi

Komponen pertama yang bisa anda periksa untuk mengatasi pengapian yang hilang adalah busi. Sesuai dengan fungsi utamanya, busi berfungsi untuk memercikkan api ke dalam ruang pembakaran bahan bakar untuk menghasilkan pembakran yang sempurna sehingga didapatkan tenaga yang maksimal.

Cara memeriksanya adalah dengan membuka busi dari port busi pada motor dan melepasnya. Cek kondisi pengapian busi dengan cara memutar kunci kontak pada posisi ON, kemudian busi anda letakkan di dekat blok mesin dan starter mesin dengan tombol starter atau kick starter. Jika keluar percikan api

2. Koil

Komponen pengapian lainnya yang bisa anda periksa adalah koil. Memang koil jarang mengalami kerusakan, akan tetapi tidak ada salahnya memeriksa kondisi dari koil.

Koil memiliki peranan dalam pengapian motor, dimana arus listrik dari sepul atau dari baterai yang memiliki tegangan 12 volt diubah menjadi besar dan dialirkan ke busi. Arus yang besar tersebut yang memicu percikan api busi yang sempurna untuk proses pembakaran.

Hal yang perlu diperhatikan dan diperiksa dari koil adalah memperhatikan kabel positif koil yang kemungkina terlepas atau putus.

3. CDI

Komponen CDI merupakan komponen terpenting dalam sistem pengapian, sama seperti koil. Biasanya kerusakan yang terjadi pada CDI adalah korsleting atau pengapian tidak baik, sehingga mengakibatkan gangguan pada performa motor.

Contoh, motor anda brebet yang anda lakukan pertama biasanya adalah mengecek busi, atau menggantinya dengan yang baru. Tapi jika busi baru sudah dipasang dan motor masih brebet, bisa jadi masalah terdapat pada CDI nya.

4. Rumah Kontak

Salah satu komponen pengapian yang kadang menjadi penyebab hilangnya pengapian adalah soket kontak yang terlepas atau ada komponen yang aus. Cara mengeceknya bisa menggunakan alat tes pen untuk mengecek apakah masih bagus atau tidak. Jika sudah rusak, segera ganti dengan yang baru.

Seringkali kita lihat juga, banyak pengguna motor membuat stop kontak rahasia pada motornya. Stop kontak rahasia ini biasanya memiliki cara kerja sebagai pemutus arus listrik saja. Terkadang posisi kontak rahasia yang tersembunyi, memungkinkan terjadinya kerusakan pada sakelar kontak akibat kotoran, debu yang menempel pada kontak.

5. Sepul

Komponen terakhir yang bisa anda periksa ketika pengapian hilang adalah sepul magnet.

Bagian sepul yang jarang sekali mengalami kerusakan sehingga jarang diperiksa. Sepul juga merupakan sumber listrik pada sistem pengapian sepeda motor. Biasanya kerusakan yang terjadi pada sepul adalah adanya komponen kumparan yang terbakar atau gosong, sehingga motor tidak bisa hidup. Solusinya dalah dengan mengganti dengan yang baru.


Sekian tips dari saya tentang mengetahui penyebab pengapian motor anda yang tiba-tiba hilang. Semoga tulisan ini bisa anda manfaatkan, selamat mencoba.

Postingan terkait:

54 Tanggapan untuk "Tips Mengetahui Penyebab Pengapian Motor tiba-tiba Hilang"

  1. tulisan yg manfaat

    Belajar sesuatu yang baru dan menghasilkan uang! Saya baru saja menutup perdagangan dengan 168.00 pips keuntungan dan memperoleh uang ekstra di AGEA (www.agea.com)!

    ReplyDelete
  2. Mas, mtr sy kharisma kl dipake jalan kadang pengapian hilang ng mau bunyi, trs kl kunci kontak di putar ulang pengapian muncul lg, kira-kira apax bos mhn solusix.

    ReplyDelete
  3. Mas mtr kharisma, kl di pake jln tiba-tiba mesin mati ng ada pengapian, tp kl kunci kontak di matikan tra di on kan mesin hidup lagi ki- kira apax bos mhn solusix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama , Saya Jugak Seperti Itu . apa Msalah ya

      Delete
    2. Motor saya juga gitu mas apa penyebab nya ya?
      Bagi info dong mas

      Delete
    3. Kunci kontak nya itu mass.. Cek bagian kontak hingga ke aki

      Delete
  4. Motor jupiter saya . Saya pake normal setelah berhenti sebntar motor tidak hidup lgi

    ReplyDelete
  5. Motor jupiter saya . Saya pake normal setelah berhenti sebntar motor tidak hidup lgi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas motorku juga kayak gitu,apa ya penyebabnya?

      Delete
  6. Mlm mas.
    Mas motor sy tiger revo 2006..
    Semalam tiba2 mati lg jln ..
    Trs di stater gak mau hidup sampe sekarang..tp di test dr busi ada percikan api..
    Kira2 apa nya yaa..
    Makasih sukses mas.

    ReplyDelete
  7. Mas drat busi sya dol apakah drat busi yg dol berhubungan dengan hilangnya pengapian

    ReplyDelete
  8. Klw pux ku tiger2000 uda d cek apix dri spul smpe cdi ada cman klw smpe koil hilang alix mas pdahal koilx klw d tes ke supra ada apix itu ap pnyebabx mas trus apix jg hilang timbul gtu

    ReplyDelete
  9. Gan ane mau nnya mtr ane pengapiannya sering ilang gt kl lagi jalan tp nnti di tunggu agak lama normal lagi kira" ada yg tau ga itu penyebabnya dr bagian mana...

    ReplyDelete
  10. Gan ane mau nnya mtr ane pengapiannya sering ilang gt kl lagi jalan tp nnti di tunggu agak lama normal lagi kira" ada yg tau ga itu penyebabnya dr bagian mana...

    ReplyDelete
  11. Gan ane mau nnya mtr ane pengapiannya sering ilang gt kl lagi jalan tp nnti di tunggu agak lama normal lagi kira" ada yg tau ga itu penyebabnya dr bagian mana...

    ReplyDelete
  12. Bang ane mau nanyak ni foswan saya kalo di gesek2kan kebadan baru ada apinya di koil tapi kok gak di gesek2kan atau langsung di lengketkan kebadan gadak apinyaaa

    ReplyDelete
  13. Mas motor smezh saya cl buat jalan sering mati.pdhl cl GK jln 1 haripun msen ttp nyala.mohon ilmunya..mksh

    ReplyDelete
  14. motor mio sporty, kalo tidak pakai baterai ngak ada api di busi,tapi kalo pakai baterai baru ada api di busi.
    kira2 pnyebabx apa yaa??

    ReplyDelete
  15. Mas motor vario tekno 110 cc klo pagi susah hudup dan api d busi warna merah pada sudah d gnti busi yg baru

    ReplyDelete
  16. Gan kalo motor beat fi api busi saat stater api ada tapi abis tu hilang total gemna solusi nya gan

    ReplyDelete
  17. Gan kalo motor beat fi api busi saat stater api ada tapi abis tu hilang total gemna solusi nya gan

    ReplyDelete
  18. Motor saya klk dtracker tiba2 mati dan pengapian pada kabel koil hilang seketika kira kira apanya ya mohon solusinya gannn

    ReplyDelete
  19. Mas, mau nanya kok motor honda beat karbu saya ngk keluar api, padahal udh di coba ganti CDi, koil, spul, kunci kontak, sekring, kabel body set, batrei , tetap ngk keluar api

    ReplyDelete
  20. Mas, mau nanya kok motor honda beat karbu saya ngk keluar api, padahal udh di coba ganti CDi, koil, spul, kunci kontak, sekring, kabel body set, batrei , tetap ngk keluar api

    ReplyDelete
  21. Motor saya gak bisa hidup klok kebel di dekatkn sama busi... tapi klok jauh hidup... mohon solusinya mas.?

    ReplyDelete
  22. Motor saya kawasaki klx....kalau di cok kepala busi engkau mau hidup....kalau tarik jauh dari busi itu keluarga api besar hidup....klau di cok kembli kepala busi susahari hidup pengaruhya apa yee. .

    ReplyDelete
  23. Mas motor sya satria r,, api kdang ad kadang ga ad, sya sdh ganti kuil tpi ga mau jga kluar api,, cdi msh bgus busi baru,, kira2 apx ya bos,, mohon solusix

    ReplyDelete
  24. Maaf saya mau tanya
    Motor saya supra tidak keluar listrik sama sekali akan tetapi bila spull koil cdi saya pindahkan ke motor supra yang lainnya, motor bisa nyala...
    Terus saya kembalikan lagi spull koil dan cdi.nya ke motor saya sendiri listrik.nya gk ada lagi
    Mohon bantuanya
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sya uga, mtor smua nx bru, tpi gak kluarin api, kira"apa nx y mas, yg rsak....... Mhon bntuan nx mas.......

      Delete
    2. Sama mas motor saya juga gitu udah diganti semua pengapiannya toh gak keluar api nya.mhon bantuan nya mas

      Delete
    3. Groundingnya yang bermasalah kang

      Delete
  25. Maap mas mau nanya,mengapa pengapian pada motor Jupiter MX hilang,padahal coil,spull,CDI,kiprok udh diukur menggunakan avometer&tespen masih normal,apakah ada kendala lain selain itu mengenai pengapian? Mohon pencerahannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motor mx saya uga bgitu, kira" apa nx y mas yg prlu di ganti lgi, mohon bntu slusi nx mas.. ...

      Delete
  26. Gan mau nanya nih saya kan punya motor klx klok kbel bodinye ke gegar suka susah hidup klok udah di gerakin lagi bru bisa nyala klok kyak gtu solusinya gimana ya

    ReplyDelete
  27. Mas. Cara mengatasi motor yg pengapiannya tidk mau kluar bagaimana. Ini mtr jupiter sering kali mogok gitu.

    ReplyDelete
  28. Mas motor saya mogok di businya enggak mau keluar api itu apa ya mas?

    ReplyDelete
  29. Motor beat karbu saya . Lamsamnya naik turun sendiri kadang kayang mau mati sperti pengapiannya ngandat kira" penyebabnya di bagian mana ya gan ....

    ReplyDelete
  30. Motor saya mio sporty. Tiba2 mati saat jaln. Pas d cek pngapian ngak ada.Dan d tunggu bbrapa menit hidup lagi. Kata org bngkel ada bilang kpmpresi. Ada yg bilang spul. Mna yg benar mas. Kkprok,cdi,koil aman katanya. Mkasi

    ReplyDelete
  31. Motor saya zupiter z bagaimana cara ngecek api d sepul mahnit mohon solusinya

    ReplyDelete
  32. Mas kalo accu mati pengapian mati juga

    ReplyDelete
  33. Mas kalauntuk motor vario karbu pengapiannya kadang hilang kadang ada....masalahnya dari mana ya

    ReplyDelete
  34. Megaprimus.. wktu d kickstar kluar api d spul trusk lagi gk ada api itu knpa?

    ReplyDelete
  35. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete
  36. Motor f1zr api dari spul tidak ada,padahal batu spul api baru

    ReplyDelete
  37. Bang saya punya Jupiter MX old 135 pake aki pengapian ada di koil aku dilepas ga ada pengapian nya dari koil saya udah cek bagian spull udah saya ganti tapi masih aja ga ada pengapian nya dari koil itu permasalahan nya apa nya ya bang ??

    ReplyDelete
  38. Mx saya di koil nggak ada apinya,sudah saya cek di spulnya ada arusnya,terus di kiprok juga ada kemudian di kunci kontak sudah saya langsungkan menggunakan kabel responya semua lampu,yangg menggunakan arus aki juga nyala saya coba kembali masih belon keluar api dari koilnya,itu kira²kerusakan di bagian mana ya mas?motor saya kabel bodynya masih ori semua mas mohon penerangan nya🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  39. bit karbu saya hilang pengapian nya saya ganti spul ma pulser se set tapi kawe di pasang jadi mengeluarkan api jika di engkol tapi kalo di stater ga keluar api itu apa nya ea gan

    ReplyDelete
  40. Mas mx old udah cek busi gak kluar ap..trus sya cek coil gk ad api.....trus sya coba cdi...ke motor mx lain cdi mash hdup ..kira2 apnya ya mkshh

    ReplyDelete