Cara Ampuh Menghemat Baterai HP Android Anda Agar Tahan Lama



Jenis HP yang menggunakan OS (Operating System) Android memiliki pembeli dan pengguna yang sangat banyak, termasuk saya juga dan saya yakin termasuk anda juga ( kalo anda bilang tidak, berarti anda kurang up-to-date, hehe). Penggunanya pun dari semua kalangan, anak-anak, remaja sampai orang dewasa juga tidak mau ketinggalan menggunakan hp smartphone ber-OS android ini.

Berbagai merek produsen hp saling bersaing di dunia teknologi dalam mengembangkan hp buatannya agar lebih laku dibanding lainnya. Merek Hp seperti Sony, Samsung, HTC, Oppo, dan lainnya selalu mengeluarkan produk-produk android terbaru mereka untuk menarik pembeli yang sebagian besar menyukai kemudahan menggunakan hp android ini.

Kemudahan dari menggunakan hp andoroid yang banyak dimanfaatkan pengguna adalah aplikasi untuk mendownload aplikasi atau game yang bisa digunakan sehari-hari untuk bekerja ataupun sekedar untuk bermain saja. Kemajuan teknologi android memudahkan kita untuk mendownload apapun aplikasi yang kita butuhkan dengan hanya membuat akun menggunakan email kita. Dengan begitu, setiap ada pembaruan terkait aplikasi yang kita download, maka akan langsung dikirim informasinya melalui email.

Semua aplikasi dan game tersebut akan berjalan biasanya jika hp terhubung dengan jaringan internet, baik internet pribadi (paket data) ataupun internet numpang (wi-fi). Karena harus menggunakan jaringan internet, hp android dapat berakibat buruk dengan melemahnya usia pakai baterai hp.

Berikut ini akan saya jelaskan 10 cara menghemat baterai hp android yang bisa jadi referensi untuk anda lakukan :


1. Turn off HP anda

Cara yang pertama dalam menghemat baterai HP anda adalah dengan mematikannya (turn off). Anda bisa mematikan hp anda jika anda tidak sedang menggunakannya, misalkan anda sedang berada di perjalanan, cuaca buruk, ataupun saat anda tidur. Itu adalah pilihan bijak jika anda tidak mau baterai hp anda cepat rusak dan drop.


2. Turn off getar ( vibration ) Hp anda

Mengaktifkan getar hp ternyata juga dapat membuat baterai hp anda cepat melemah. Jika anda sedang dalam ruang rapat atau di tempat ibadah, biasanya diharuskan untuk menonaktifkan hp atau nada hp anda. Lebih baik anda menonaktifkan hp anda sementara daripada mengaktifkan mode getar, untuk menghemat daya baterai hp anda.


3. Switch off koneksi Wi-fi dan Bluetooth

Cara yang ketiga yang bisa anda lakukan adalah dengan mengubah koneksi wi-fi anda menjadi off. Koneksi wi-fi yang sedang on akan membuat baterai anda terkuras habis dayanya, karena wi-fi akan melakukan pencarian sinyal terus-menerus selama dalam kondisi hidup. Begitu juga dengan Bluetooth, jika anda tidak sedang menggunakan layanan Bluetooth, maka lebih baik dimatikan saja untuk menghemat baterai hp anda.


4. Mematikan layanan GPS

Bagi anda yang melakukan perjalanan jauh, anda bisa menggunakan layanan aplikasi GPS pada hp anda sebagai penunjuk arah. Terkadang anda lupa untuk mematikan GPS hp anda. Aplikasi GPS yang tetap menyala juga dapat menghabiskan daya baterai hp anda. Oleh sebab itu, sebaiknya matikan dulu GPS hp anda agar baterai hp anda tidak terkuras habis.


5. Matikan Layanan Data 

Jika anda tidak sedang menggunakan layanan internet, sebaiknya anda mematikan layanan data hp anda. Layanan data yang aktif akan terus-menerus melakukan pencarian sinyal, apalagi jika sinyal internet di lokasi anda tidak stabil. Karena pencarian sinyal tersebut, baterai anda akan lemah dan kehabisan daya.


6. Atur kecerahan layar ke tingkat lebih rendah

Pengaturan kecerahan layar dapat mempengaruhi konsusmsi daya baterai hp. Kecerahan yang tinggi atau terang membuat penggunaan daya baterai lebih besar dibandingkan menggunakan kecerahan layar yang sedikit redup. Maka dari itu, sebaiknya anda kurangi kecerahan layar hp anda, agar tidak terlalu menghabiskan daya baterai hp anda. Sebagai catatan, cahaya layar hp yang terlalu terang juga dapat mempengaruhi kesehatan mata jika terlalu lama menatapnya.


7. Jangan Letakkan Hp anda di atas Alat Elektronik

Saran ini sering kita dengar, bahkan terdapat juga di buku manual saat membeli hp. Hindari menaruh hp di atas alat elektronik yang mengandung panas, karena suhu yang panas akan membuat hp anda juga ikut panas sehingga lama-kelamaan tenaga baterai anda bisa berkurang atau melemah. Simpanlah hp anda di tempat yang sejuk dan jauh dari alat elektronik, agar baterai hp anda bisa awet dan hp anda tidak mengalami gangguan atau kerusakan.


8. Memasang aplikasi penghemat baterai

Cara ini yang paling banyak digunakan juga oleh pengguna hp terutama smartphone. Memasang aplikasi penghemat daya baterai bisa menjadi alternative untuk melakukan analisa dan menghemat daya penggunaan baterai pada hp anda. Anda bisa men-download aplikasi penghemat baterai dari layanan Playstore di hp anda.


Kesimpulan

Cara-cara diatas dapat membantu anda dalam menghemat daya baterai hp anda agar tetap awet dan tahan lama. Catatan dari saya, apapun tips, saran yang anda dapatkan itu semua kembali ke anda sendiri. Jika anda tidak memperlakukan hp anda dengan baik dan tidak merawatnya dengan sungguh-sungguh, tidak mustahil hp anda akan cepat rusak.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk semuanya.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Cara Ampuh Menghemat Baterai HP Android Anda Agar Tahan Lama"

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete
  2. "Selamat siang Bos ��
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete