Telat Ganti Oli? Ini Akibatnya Buat Kendaraan Anda




Merawat kendaraan bermotor adalah menjadi tugas dan tanggung jawab dari si pemilik kendaraan, baik motor maupun mobil. Merawat bagian mesin secara rutin dapat memperpanjang usia pemakaian kendaraan anda.

Merawat mesin bisa anda lakukan dengan memperhatikan performa dari kendaraan anda, salah satunya adalah dengan rutin mengganti oli kendaraan anda. Pelumas atau oli sangat berguna bagi kinerja mesin kendaraan karena kendaraan akan senantiasa dalam keadaan prima dan siap anda gunakan setiap hari. 

Kelalaian pemilik kendaraan dalam memperhatikan pemakaian oli pada mesin kendaraan dapat mengakibatkan dampak yang berbahaya bagi mesin kendaraan anda terutama bagi anda sendiri sebagai penggunanya.


Fungsi Oli terhadap mesin

Oli pada mesin kendaraan adalah sebagai pelumas yang dapat melumasi semua komponen mesin dan mengurangi gesekan komponen-komponen di dalamnya. Oli mesin juga berfungsi untuk menjaga suhu mesin kendaraan agar selalu dalam keadaan dingin.

Kendaraan yang tidak diperhatikan oli mesinnya tidak akan dapat berjalan dengan baik, karena komponen-komponen dalam mesin akan cepat aus dan rusak. Oli yang lama digunakan tanpa diganti akan berkurang kualitasnya karena akan tercampur dengan kerak mesin.


Ciri-ciri Oli Yang Sudah Lama Dipakai

Oli yang baik bagi kendaraan adalah oli yang dapat melumasi dan mendinginkan mesin kendaraan anda. Agar oli tidak merusak komponen mesin, oli perlu diganti secara rutin. Anda bisa melihat oli yang sudah lama tidak diganti akan memiliki ciri-ciri seperti di bawah ini : 

Warnanya hitam dan kental karena banyaknya kerak mesin yang tercampur bersama oli
Volume oli berkurang karena penggunaan yang lama, bisa dilihat ketika oli dikeluarkan         volume oli menjadi berkurang.


Akibat Telat Ganti Oli

Oli mesin seharusnya diganti secara berkala. Biasanya panduan penggantian oli sudah dijelaskan di buku manual pemilik kendaraan. Namun karena sudah menjadi kebiasaan manusia yang malas, sehingga terkadang untuk mengganti oli kendaraan saja tidak sempat.

Mesin kendaraan yang selalu dipaksa bekerja dan diberi pelumas yang sudah terkontaminasi kotoran dalam mesin dapat memberikan dampak negatif bagi kendaraan anda.

Berikut saya jelaskan akibat dari telat ganti oli  :


1. Komponen mesin aus dan rusak

Sepeda motor atau mobil yang tidak pernah ganti oli akan mengalami masalah karena komponen mesinnya yang aus dan rusak. Rusaknya komponen mesin disebabkan tidak optimalnya kinerja oli dalam melumasi elemen dalam mesin.

Kerusakan komponen mesin akan menyebabkan pemborosan, karena sudah dipastikan 
komponen yang sudah rusak tadi harus diganti dengan yang baru. 


2. Motor macet total

Pada sepeda motor, oli yang sudah lama tidak diganti akan mengganggu kinerja dari komponen-komponen dalam mesin. Misalkan gangguan pada kinerja piston atau seker. Karena oli yang semakin berkurang jumlahnya, maka gesekan antara piston dalam ruang pembakaran akan tersendat, dan akan mengakibatkan mesin akan macet atau bahkan mati seketika.


3. Suara mesin menjadi kasar

Dampak oli yang tidak pernah diganti juga akan terlihat jelas dari suara mesin yang menjadi kasar. Dibandingkan dengan motor yang menggunakan oli baru, suara mesin terdengar halus dan performa motor juga bagus di jalan. Tapi jika oli tidak pernah diganti, mesin akan menjadi kasar dan tidak nyaman saat berjalan akibat dari volume oli yang berkurang.


4. Bahan Bakar menjadi boros

Akibat yang menurut saya juga merugikan pengguna motor karena tidak pernah ganti oli adalah bahan bakar menjadi boros. Kondisi mesin yang kekurangan pelumas akan menghasilkan gesekan antar komponen mesin. Dengan begitu, tarikan mesin akan semakin kuat dan konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih banyak dari yang biasanya.


5. Terjadi Overheating pada mesin

Oli memiliki fungsi dalam mendinginkan mesin kendaraan anda. Jika oli tidak pernah diganti maka mesin akan mengalami overheating. Kondisi seperti ini akan membahayakan komponen-komponen mesin karena akan cepat rusak. 


6. Kinerja mesin akan jauh berkurang

Oli mesin yang tidak pernah diganti akan mempengaruhi kinerja mesin kendaraan anda. Dengan kualitas oli yang buruk, performa mesin akan menjadi menurun.
Biasanya gejala yang terjadi adalah motor menjadi lambat tarikannya, dan hal seperti itu sangat tidak baik jika dibiarkan terus menerus.  


7. Mesin Tidak Awet

Usia mesin yang awet sangat dipengaruhi oleh perawatan mesin yang rutin dan berkala, termasuk juga memperhatikan oli sebagai pelumas mesin. Oli mesin yang rutin diganti akan membuat mesin menjadi tahan lama, berbanding terbalik jika dibandingkan dengan kondisi mesin yang tidak pernah ganti oli tidak akan awet usianya.


Sekian sedikit informasi tentang beberapa akibat jika oli kendaraan anda tidak pernah diganti. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi buat semua.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Telat Ganti Oli? Ini Akibatnya Buat Kendaraan Anda"

  1. REKOMENDED; WALTPOKER

    REKOMENDED; AREADOMINO

    REKOMENDED; PASARCASH

    REKOMENDED; SENANG77

    REKOMENDED; ONEBET


    GET INFORMATION; SARANG299

    GET INFORMATION; POKERVQQ

    GET INFORMATION; WALTPOKER

    GET INFORMATION; SENANG77

    GET INFORMATION; AREADOMINO

    ReplyDelete