11 TIPS SUKSES DALAM BERBISNIS BAGI PEMULA (WAJIB TAHU)



Salam sobat blogger semua, khususnya sobat blogger yang sedang merintis karir menjadi pebisnis. Apa saja persiapannya menjadi pebisnis yang sukses ? Tentunya anda sudah mempersiapkan semuanya dan mulai mengembangkan bisnis anda.

Kesempatan kali ini, saya ingin memberikan sedikit informasi berupa tips sukses dalam berbisnis terutama anda yang baru memulai menjadi pebisnis ( pemula ).

Pebisnis professional, terkenal dan sukses sejatinya tidak serta merta langsung menjadi seorang pebisnis yang sukses. Mereka juga mengawali bisnis dengan menjadi seorang ‘pemula’ dan mengalami banyak situasi dalam mengembangkan karirnya di dunia bisnis. 

Untuk itu, saya akan menjelaskan tips sukses dalam berbisnis bagi pemula (termasuk untuk saya juga), silahkan disimak uraiannya di bawah ini :

1. Jangan Takut Memulai

Sebagai pemula di dunia bisnis, tentunya banyak sekali pertimbangan yang kita pikirkan ( kata lain dari rasa takut ). Jika dibiarkan maka tidak mustahil kita akan menjadi orang yang ‘sukses’ menggagalkan bisnis yang belum kita mulai.

So, langkah awal yang perlu diambil adalah dengan memulai bisnis itu sendiri. Jangan takut untuk memulai, jika tentu saja sudah dipersiapkan dengan sangat matang.

2. Coba Dari Hal Yang Disukai

Anda ingin memulai bisnis ? Bingung mau berbisnis apa? Gampang, kenapa tidak mencoba hal yang anda sukai. Jika anda memulai bisnis dengan apa yang anda sukai, maka anda akan lebih memahami apa yang diinginkan anda dan bisnis anda itu sendiri. 

Berbisnis sesuatu yang kita kuasai dan sukai merupakan langkah yang tepat untuk membangun bisnis anda kedepannya. Jika anda sudah terbiasa dengan bisnis yang anda sukai, anda akan mudah memulai bisnis yang lainnya.

3. Fokus dan Konsisten

Nah, kalo sudah memilih bisnis sesuai keinginan dan kapasitas yang anda miliki, langkah selanjutnya adalah fokus pada apa yang anda kerjakan. Selain fokus, konsistensi sangat dibutuhkan dalam membangun kesuksesan bisnis anda. Bisnis yang dijalankan dengan modal ‘coba-coba’ tapi tidak diimbangi dengan persiapan yang matang hanya akan membuat bisnis anda cepat bangkrut.

Cobalah untuk fokus dan konsistensi terhadap bisnis yang sudah anda persiapkan. Pusatkan kemampuan anda dalam mengembangkan bisnis tersebut sampai ke titik kesuksesan anda.

4. Buang Rasa Malu

Mau sukses kok malu? Tidak ada kata sukses jika anda masih merasa malu terhadap hal-hal yang sebenarnya tidak penting untuk. 

Jalankan bisnis anda dengan rasa percaya diri bahwa anda akan sukses dari bisnis tersebut. Jangan malu untuk bersaing, jangan malu untuk membangun bisnis anda meskipun banyak orang meremehkan bisnis yang anda jalani.

Kalaupun anda malu, maka malulah untuk satu hal saja, yaitu malu pada kegagalan yang anda dapatkan karena kurang percaya pada diri sendiri.

5. Belajar Itu PENTING!

Lihat kata penting di atas, ditulis dengan huruf kapital dan tebal menunjukkan betapa penekanan makna. Belajar itu memang penting untuk semua orang, tidak terkecuali pebisnis ahli ataupun pemula sekalipun.

Anda tetap harus terus belajar dan belajar jika anda menginginkan kesuksesan dalam bisnis anda.

Anda bisa belajar tentang konsep bisnis, strategi bisnis, pemasaran bisnis, dan lainnya. Banyak sumber dan referensi yang bisa anda jadikan media belajar, misalkan Internet ataupun berkonsultasi dengan orang yang sudah sukses.

6. Manajemen Diri Sendiri

Ini tidak kalah penting jika anda ingin sukses dalam berbisnis. Manajemen diri anda sendiri dalam mengelola bisnis anda, contohnya berhemat. 

Anda harus bisa memanajemen bisnis anda agar tidak terjadi pemborosan, baik dari segi modal, perawatan, ataupun bahan baku jika bisnis anda adalah bisnis yang memproduksi sesuatu.

Bisnis yang memiliki manajemen yang rapid an teratur, akan cepat menghasilkan keuntungan yang stabil. Tidak mudah memang, tapi anda bisa lakukan secara perlahan dan bertahap sesuai kondisi bisnis anda.

7. Pengalaman Memang Guru Terbaik

Pengalaman anda sebelumnya jika anda pernah berbisnis adalah guru terbaik untuk anda saat ini. Jadikan beberapa kegagalan ataupun kesalahan dalam bisnis anda yang dulu sebagai bahan pelajaran di bisnis anda yang baru.

Bagi anda yang baru memulai berbisnis, anda bisa membawa pengalaman anda dalam hal lain untuk membangun bisnis anda. 

Misalkan anda berpengalaman dalam berorganisasi dan bersosialisasi dengan orang lain, maka itu bisa anda jadikan peluang dalam menjaring rekan bisnis ataupun sebagai senjata dalam mempromosikan bisnis anda kepada calon pembeli/pelanggan.

8. Nekat boleh, tapi Jangan Bertindak Bodoh

Misalkan anda mendapat ide dalam hal membangun dan mengembangkan bisnis anda. Anda memperoleh ide tersebut dari beberapa sumber dan konsep bisnis lain ataupun dari pemikiran anda sendiri.

Anda bisa memilih menggunakan konsep tersebut, sekalipun terlihat sulit anda boleh ‘nekat’ dalam mencobanya. Tapi harus anda ingat, jangan pernah melakukan sesuatu yang akan membawa anda ke dalam masalah yang serius, hanya karena mencoba suatu konsep.

Untuk itu anda harus tahu kapan anda akan memilih ‘nekat’ atau ‘bertindak bodoh’ dalam mengembangkan bisnis anda. Intinya adalah anda harus bijak dalam memilih solusi dari suatu masalah dalam bisnis anda. 

9. Katakan ‘Tidak’ Untuk Menyerah

Jika bisnis anda mengalami masalah, anda bisa mencari solusi yang tepat sampai masalah tersebut terselesaikan. Jangan pernah anda merasa untuk menyerah, karena tidak ada masalah yang tidak memiliki solusi jika kita terus berusaha mencarinya.

Menyerah hanya akan melemahkan anda secara pribadi. Anda akan menjadi lebih cepat menyerah atau bahkan anda menjadi cepat memilih jalan singkat yang mungkin berbahaya bagi bisnis anda.


10. Berbagi Pengalaman Kepada Orang Lain

Kunci sukses dalam berbisnis juga adalah berbagi pengalaman kepada orang lain. Anda bisa berbagi pengalaman anda kepada rekan anda yang baru memulai bisnis juga, ataupun orang lain yang ingin memulai bisnis.

Dengan berbagi pengalaman, anda akan mendapatkan poin penting dalam hal berbisnis, yaitu anda menjadi pebisnis yang professional. Saya mengatakan seperti itu karena seorang pebisnis yang ‘pelit’ dalam berbagi pengalaman berbisnisnya adalah seorang pebisnis yang tidak akan pernah sukses menurut pendapat saya.

1.1. Jangan Lupa Berdo’a

Tips ini sengaja saya tulis terakhir dengan tujuan setelah anda membaca tips-tips di atas dan anda sudah mempersiapkan semuanya sesuai tips di atas, anda akan memulai bisnis anda dengan hal yang terakhir and abaca disini, yaitu berdoa. 

Semua pekerjaan yang kita lakukan, jika dilakukan tanpa berdo’a maka bagi saya mustahil akan mendapatkan kesuksesan. Setiap ajaran dan Agama mengajarkan kita untuk selalu berdo’a ketika akan melakukan suatu kebaikan, tidak terkecuali memulai bisnis kita.

Sebagai catatan dari saya, tips ini bukan tips no. 11  melainkan nomor 1.1.  karena posisinya memang harus di awal daripada nomor 1. Hal yang harus anda lakukan sebelum memulai tips pertama.

Kesimpulan 


Menjadi pebisnis memang terlihat tidak mudah, tapi jika anda lakukan dengan persiapan dan juga niat baik, maka bisnis anda akan sukses. Ingat, sukses itu bukanlah hasil yang diperoleh melainkan proses dalam menjalaninya. Tidak akan bisa disebut sukses jika dilakukan dengan cara-cara yang tidak benar.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menginspirasi sobat semua.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "11 TIPS SUKSES DALAM BERBISNIS BAGI PEMULA (WAJIB TAHU)"

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete