Modul Keselamatan Kerja

Dalam kegiatan praktik di SMK khusunya jurusan Teknik Otomotif, dibutuhkan suatu sikap di dalam menggunakan peralatan maupun dalam melakukan kegiatan praktik di bengkel. Penerapan sikap keselamatan kerja sangat penting dilakukan demi menjaga diri dari kecelakaan yang bisa saja terjadi saat praktik ataupun menggunakan peralatan kerja. Petunjuk manual dari masing-masing peralatan sebenarnya sudah ada dan sudah sering dijelaskan oleh guru kepada siswa sebelum menggunakan peralatan kerja, baik dari cara menggunakan peralatan kerja yang benar dan sesuai SOP, sampai dari beberapa langkah yang dapat diambil jika terjadi kecelakaan dalam menggunakan peralatan tersebut.

Modul keselamatan kerja sangat diperlukan sebagai bahan pembelajaran di kelas, agar siswa bisa memahami konsep K3 ( Kesehatan dan Keselamatan Kerja ) sesuai peraturan dan perundang-undangan pemerintah.

Di bawah ini contoh beberapa rambu k3 di tempat kerja yang dapat dijadikan bahan pembelajaran tentang keselamatan kerja di bengkel SMK:

Rambu Larangan

Rambu Peringatan

Rambu Pertolongan

Rambu wajib

Untuk materi K3 dapat diunduh dari alamat di bawah sebagai bahan ajar :
Semoga bermanfaat!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Modul Keselamatan Kerja"

Post a Comment