Cara Mudah Menulis Sebuah Postingan Di Blog Untuk Pemula



Hai sobat blogger, pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan cara mudah menulis sebuah postingan diblog untuk pemula. Sebelum menulis sebuah postingan di blog, tentunya langkah awal adalah dengan memiliki blog terlebih dahulu. Silahkan baca dulu tutorial membuat blog di postingan sebelumnya.

Baca : Tutorial membuat Blog Dalam 3 Menit

Langkah - langkah menulis postingan di blog bisa anda simak uraiannya di bawah ini :

1. Buka Blogger.com

2. Pilih Blog Yang Anda Inginkan

Jika anda memiliki lebih dari satu blog, anda bisa memilih blog yang mana yang akan anda buat postingannya, seperti gambar di bawah ini


3. Klik Entri baru / New Entry

Setelah halaman dashboard blog anda terbuka, klik Entri baru yang bertanda pensil untuk mulai mengetik postingan baru. Gambarnya bisa dilihat di bawah



4. Ketik postingan blog

Langkah selanjutnya adalah mulai menulis atau mengetik postingan blog anda. Silahkan menulis sesuai topik yang ingin anda bagikan, dan atur tulisan anda sesuai panduan di gambar di bawah

 

(1) Tulis Judul tulisan yang ingin anda buat di kolom Judul, Misal "Cara Mudah Menulis Sebuah Postingan di Blog Untuk Pemula"

(2) Nomor 2 terdapat simbol huruf ' f ' yang fungsinya untuk memilih jenis font atau huruf pada tulisan anda

(3) Simbol dengan huruf 'T ' digunakan untuk mengedit ukuran huruf pada tulisan anda, terdapat beberapa jenis ukuran huruf / font yaitu Smallest, Small, Normal, Large dan Largest.

(4) Pada nomor 4 terdapat kelompok pengaturan huruf yang sama seperti yang anda lihat di MicrosoftWord, yaitu Bold, Italic, Underline  dan juga Strikethrough

(5) Nomor lima terdapat dua simbol untuk mengatur warna font, yaitu yang simbolnya huruf A dan juga simbol semacam spidol. Simbol A untuk merubah warna huruf yang diinginkan, sedangkan simbol spidol untuk merubah warna  background  dari tulisan anda.

(6) Simbol pada nomor 6 adalah Link, Insert Image, Insert a video untuk memasukkan link, foto ataupun video ke dalam postingan anda.

(7) Simbol pada nomor 7 adalah simbol pengaturan paragraf tulisan anda, mulai dari aturan rata kiri-kanan-tengah, pengaturan Numbered List untuk membuat tulisan menjadi poin-poin, Bullet List untuk membuat poin-poin tulisan dengan titik, Quote untuk membuat kata kutipan, dan juga ada Spelling untuk mengecek kesalahan tata bahasa penulisan yang tidak baku.

(8) Yang terakhir adalah area penulisan untuk menulis artikel. Di sini anda bebas menulis apapun yang ingin anda posting atau bagi kepada pembaca mengenai artikel atau informasi lainnya.

5. Pilih Label postingan anda

Sebelum anda mempublikasikan tulisan anda, pilihlah label atau kategori tulisan anda, seperti gambar di bawah ini


6. Klik Publish

Setelah anda selesai menulis, klik Publish untuk mempublikasikan tulisan atau postingan anda di blog.


Baca Juga : 


                            
Sekian tulisan saya tentang cara mudah menulis sebuah postingan di blog untuk pemula. semoga artikel ini bermanfaat

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mudah Menulis Sebuah Postingan Di Blog Untuk Pemula"

Post a Comment