5 Halaman Penting Untuk Melengkapi Blog Anda


5 Halaman Penting Untuk Melengkapi Blog Anda – Bagi blogger pemula biasanya blog yang sudah dibuat masih belum memiliki isi dan beberapa fasilitas yang lengkap. Padahal, melengkapi blog adalah sebuah kegiatan wajib yang dilakukan blogger yang ingin membangun blog agar menjadi terkenal dan banyak dikunjungi. Blog yang lengkap juga akan bernilai professional di mata pengunjung, terutama di mata mesin pencari bagi yang ingin memonetisasi blognya.

Halaman Penting Sebagai Alat Kelengkapan Blog

Salah satu fasilitas yang harus dilengkapi di blog adalah halaman penting. Halaman penting ini akan membuat blog anda memiliki sebuah identitas yang akan membantu pengunjung mengetahui informasi tentang anda dan blog anda. 

Bagi blogger yang memonetisasi blognya dengan menjadi penayang iklan google atau biasa kita sebut Google Adsense Publisher biasanya membuat dan meletakkan halaman penting pada blognya karena merupakan salah satu syarat dari pihak iklan seperti Google Adsense.

5 Halaman Penting Untuk Melengkapi Blog

Dari uraian di atas, di bawah ini saya akan menjelaskan 5 halaman penting yang harus ada pada blog sebagai kelengkapan dari blog anda. Silahkan disimak uraiannya di bawah :

1. Halaman About Me


Halaman  about me harus ada pada menu blog anda sebagai salah satu media komunikasi antara anda sebagai pemilik blog dengan pembaca yang ingin mengenal anda. Dengan memiliki halaman about me anda memiliki informasi tentang identitas anda yang sangat berguna untuk blog anda karena akan terlihat lebih profesional.

Beberapa blog memiliki halaman about me yang hanya memberikan arahan ke akun media sosial dari pemilik blog. Hal seperti ini tidak disarankan oleh beberapa blogger  ahli karena selain dari kurang professional, pengunjung anda akan merasa kurang akrab dalam berkomunikasi dengan anda sebagaipemilik blog.

Halaman about me seharusnya dibuat dengan susunan yang rapi dan lengkap. Anda juga bisa menambahkan dengan informasi akun media sosial yang anda miliki untuk memudahkan pengunjung mengenal dan berkomunikasi dengan anda. Contohnya seperti halaman about me yang ada di blog ini.

Silahkan baca : Cara Membuat laman About Me di Blog

2. Halaman Contact me

Halaman yang kedua yang harus ada di blog adalah halaman contact me. Halaman contact me berfungsi untuk memberi informasi ke pengunjung blog yang ingin memberi kritik dan saran, ataupun bertanya seputar konten blog anda. 

Dengan adanya halaman contact  juga akan memberikan kepercayaan dari pembaca blog anda dan pembaca akan merasa bahwa pemilik blog ini sangat memperhatikan keinginan pembaca yang ingin bertanya atau berkomunikasi dengan pemilik blog.

Baca juga : Cara membuat halaman Contact me

3. Halaman Privacy Policy

Halaman yang tidak kalah pentingnya yang harus ada di blog adalah halaman privacy policy atau kebijakan privasi. Halaman ini berisi tentang kebijakan privasi dari blog yang ditulis dengan format dokumen hokum.

Halaman privacy policy wajib ada di blog anda untuk memenuhi syarat jika anda ingin blog anda menjadi penayang iklan Google ( Google Adsense). Halaman ini juga akan membuat blog anda terlihat lebih profesional dan lengkap.

Cara membuat halaman privacy policy sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya.
SIlahkan baca : Cara Membuat Halaman Privacy Policy dengan Mudah 

4. Halaman Disclaimer


Hampir sama fungsi dan peranannya dalam melengkapi blog, halaman disclaimer juga wajib ada di blog anda. Halaman ini memiliki fungsi sebagai pernyataan penyangkalan dan juga sebagai perlindungan terhadap admin blog dalam mengelola blog.

Cara membuat halaman disclaimer hampir sama dengan cara membuat halaman privacy policy karena bisa langsung dibuat sekalian bersama pernyataan privacy policy.

Baca : Cara Membuat Halaman Disclaimer dengan Mudah 

5. Halaman Sitemap atau Daftar Isi


Halaman kelima yang wajib ada di blog anda adalah halaman daftar isi atau site map. Dalam halaman site map pembaca akan merasa mudah untuk melihat apa saja artikel atau tulisan dalam blog anda, sehingga pembaca akan mudah menemukan artikel yang sedang ia cari.

Jika dikaitkan dengan syarat Google Adsense halaman site map dapat menjadi navigasi yang baik dan berperan penting dalam mendapatkan indeks dari mesin pencari.

Halaman site map juga menunjukkan seberapa rutin anda dalam menulis dan mengisi blog anda sehari-hari, karena bisa dilihat jumlah postingan yang ada di blog anda dan seberapa intens anda dalam meng-update postingan blog anda.

Cara membuat halaman site map tidak terlalu sulit, anda bisa membaca cara membuatnya di sini.

Baca : Cara Membuat Halaman Site Map Dengan Mudah

Sekian informasi dari saya, semoga artikel ini bisa menjadi panduan dalam membantu anda dalam membangun blog anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Halaman Penting Untuk Melengkapi Blog Anda"

Post a Comment