Cara Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi Pada Karburator Sepeda Motor ( Wajib Tahu!!)


Otobudi – Sobat otobudi yang selalu semangat, kesempatan kali ini saya akan menjelasakan cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada karburator motor yang wajib diketahui. Motor yang menggunakan karburator biasanya sering mengalami beberapa masalah yang akibatnya mengganggu aktifitas sehari-hari.

Masalah yang terjadi pada karburator tentunya akan menghambat kegiatan pengguna motor, karena masalah karburator bisa saja membuat motor menjadi macet dan tidak mau berjalan normal seperti biasa. Misalkan, motor tersendat atau mogok ketika ingin bepergian.

Masalah Yang sering terjadi pada karburator motor

Gangguan yang sering terjadi pada motor seringkali disebabkan oleh beberapa faktor, baik dari faktor manusia yang menggunakannya ataupun faktor komponen-komponen motor itu sendiri yang mengalami masalah.

Komponen yang sering menjadi penyebab motor bermasalah adalah karburator. Beberapa gangguan yang sering timbul akibat masalah pada karburator dan cara mengatasi masalah tersebut adalah sebagai berikut :

Beberapa penyebab, pengabutan bahan bakar yang tidak sempurna saat proses pencampuran udara yang terlambat dan lain-lain, apabila melihat kondisi busi dan bahan bakar tidak ada masalah. Lalu apa saja permasalah di karburator yang bisa menyebabkan motor tersebut berikut ini :

1. Mesin motor tersendat atau langsam

Motor yang tersendat mesinnya atau langsam biasanya terjadi karena masalah pada karburatornya. Masalahnya biasanya disebabkan karena proses pembakaran yang tidak sempurna. Campuran bahan bakar dengan udara yang tidak seimbang membuat tenaga yang dihasilkan akan melemah, dan akan membuat mesin motor tersendat.

Cara mengatasinya :

Atur setelan sekrup udara dengan memutarnya searah jarum jam atau sebaliknya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan campuran bahan bakar dengan udara yang pas.
Cara yang lain bisa dengan mengganti jarum throttle atau jarum skep dengan jarum yang diameternya lebih kecil. Tujuannya adalah untuk mendapatkan campuran udara dengan bahan bakar yang lebih banyak, sehingga pembakaran akan lebih sempurna.

2. Tarikan Motor lemah

Jika tarikannya lemah, motor tidak akan melaju dengan cepat dan tentunya sangat tidak baik untuk digunakan bepergian jauh. Masalah itu terjadi disebabkan masalah pada karburator. Campuran bahan bakar yang tidak ideal mengakibatkan tarikan mesin motor menjadi lemah dan tidak bertenaga.

Cara mengatasinya :

cara mengatasinya adalah memeriksa kemungkinan adanya komponen karburator sudah tidak bagus lagi dan harus diganti, misalnya : main jet. Untuk mendapatkan tarikan motor kembali normal, anda bisa mengganti komponen manin jet dengan yang lebih besar. tujuannya untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar dari proses pembakaran.

3. Knalpot motor mengeluarkan asap hitam

Proses pembakaran yang tidak sempurna juga dapat menimbulkan masalah pada pembuangan motor. Knalpot motor mengeluarkan asap hitam akibat dari bahan bakar yang terbakar tidak habis semuanya dan meninggalkan kerak atau sisa pembakaran. Nah sisa pembakaan itu yang berubah menjadi asap hitam keluar dari knalpot.

Cara mengatasinya :

Putar setelan sekrup udara menjadi lebih besar agar udara yang masuk dapat mengimbangi bahan bakar yang bercampur dengan udara. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil pembakaran yang sempurna. Cara yang lain adalah dengan mengganti spuyer pilot jet dengan yang berukuran lebih kecil.

4. Putaran mesin Lemah

Putaran mesin melemah biasanya ditandai dengan tidak adanya tenaga dari motor untuk berjalan walaupun tuas gas sudah dibuka lebih besar. Penyebabnya biasanya terjadi karena bahan bakar yang terlalu miskin atau kering, sedangkan udara yang masuk terlalu banyak sehingga tenaga yang dihasilkan mesin melemah.

Cara mengatasinya :

Untuk mengatasi masalah di atas bisa dengan mengganti ukuran jarum skep yang lebih kecil, agar campuran bahan bakar dengan udara bisa lebih banyak masuk kedalam ruang pembakaran. Hal ini dapat menghasilkan hasil pembakaran yang lebih baik dan sempurna, dan tentunya dapat mendongkrak tenaga mesin saat melaju.

5. Kecepatan motor menurun

Masalah yang terjadi pada motor yang tidak bisa melaju dengan kecepatan tinggi, malah cenderung menurun biasanya disebabkan karburator mengalami kebanjiran karena campuran bahan bakar dengan udara terlalu kaya.

Cara mengatasinya :

Untuk mengatasi masalah tersebut, karburator bisa dibersihkan dulu dengan cara dilepas dari motor. Kemudian dipasang lagi, dan dilakukan penyetelan main jet agar campuran bahan bakar dengan udara menjadi ideal dan menghasilkan proses pembakaran yang sempurna. Selain itu, bersihkan juga busi dari kerak dan kotoran pada ujung elektrodanya untuk menghasilkan pengapian yang baik untuk pembakaran.

Sekian penjelasan tentang cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada karburator, semoga dapat bermanfaat buat semua.



Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi Pada Karburator Sepeda Motor ( Wajib Tahu!!)"

  1. Tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi, berbagi ulasan tentang perbaikan mobil dan motor di Tutorial Memperbaiki Mobil Motor

    ReplyDelete