Membuat Konsep Postingan dengan metode Mind Mapping

Hal terpenting dalam menyusun konsep postingan di blog kita adalah pengembangan ide dari topik utama. Kebanyakan dari blogger pemula, termasuk saya juga merasa sedikit kesulitan dalam mengembangkan ide dari topik utama blog.
Beberapa teknik yang sudah saya terapkan ketika mengalami kesulitan menentukan pengembangan ide cukup membantu saya dalam membuat beberapa tulisan atau artikel.
Sobat bisa baca di postingan saya sebelumnya yang berjudul 6 Tips Jitu Menemukan Ide Menulis Artikel Di Blog.
Selain teknik di atas, ada satu teknik juga yang saya terapkan dalam mengembangkan ide utama blog dan menjadi beberapa konsep postingan di blog saya. Teknik itu disebut Mind Mapping yang say abaca dari beberapa blog, salah satunya dari blogodolar.
Apa Itu Mind Mapping?
Mind mapping merupakan suatu teknik atau strategi yang dilakukan seorang blogger dalam membuat pengembangan ide dari ide utama atau topik utama dalam blognya. Metode seperti ini biasanya ditandai dengan adanya sebuah diagram yang disusun secara saling berhubungan terhadap suatu konsep atau topik utama dari suatu pembahasan ( dalam hal ini yaitu topik atau niche dari suatu blog).
Metode atau teknik mind mapping ini terinspirasi dari cara kerja syaraf otak manusia yang bercabang sangat banyak dan berpusat pada suatu pusat pada otak. Teknik ini kemudian diperkenalkan oleh seorang psikolog asal Inggris yang bernama Tony Buzan.
Fungsi Teknik Mind Mapping.
Penggunaan metode mind mapping untuk melakukan perencanaan ataupun menyusun suatu konsep dinilai sangat membantu, terutama dalam menyusun konsep postingan dalam blog. Fungsi dari menggunakan metode mind mapping adalah sebagai berikut :
v  Pencatatan
Metode mind mapping membantu kita dalam melakukan pencatatan suatu agenda atau kegiatan yang kita lakukan.

Sebelum melakukan agenda atau kegiatan, kita akan membuat catatan dengan memisah beberapa ide dari ide utama.

Baca juga : Membiasakan Diri Menulis Tangan Sebelum Mengetik

v  Brainstorming
Mencari suatu ide dapat dilakukan juga dengan menggunakan mind mapping. Dengan teknik mind mapping kita dapat melakukan brainstorming secara mandiri dan dapat menuangkan semua gagasan yang muncul dan mencantumkannya dalam map kita.

v  Pemecahan masalah
Mengatasi masalah dengan mind mapping  sangat bermanfaat dalam mencari beberapa kemungkinan solusi yang dapat diambil.

Beberapa catatan pilihan solusi tadi bisa kita gunakan dalam memecahkan sebuah permasalahan dengan tepat dan efektif.

v  Mempelajari dan menghafal
     Teknik mind mapping juga bisa membantu kita dalam mempelajari sesuatu dengan mudah.

        Di samping itu, teknik ini juga sangat membantu dalam membuat poin-poin penting dari sebuah teori dan memudahkan kita dalam menghafalnya.

v  Perencanaan
Merencanakan sesuatu perlu pertimbangan yang sangat hati-hati, dan tentunya kita harus bisa selektif dalam memilih hal-hal penting yang direncanakan terlebih dahulu dibanding yang lainnya.

Dengan menggunakan metode mind mapping kita akan sangat terbantu dalam merencanakan suatu perencanaan, baik perencanaan tersebut bersifat struktural atau mendesak.

v  Penyajian informasi yang diambil dari beberapa sumber
Kita dapat melakukan sebuah analisa dan pendataan dari beberapa sumber dengan mengambil poin-poin penting, kemudian kita sajikan menjadi sebuah informasi dengan memperhatikan tujuan atau ide pokoknya.

Informasi yang kita sajikan kita jelaskan secara rinci dari sumber-sumber yang  kita dapatkan tadi, yang tentunya sudah kita buat dalam sebuah map atau daftar informasi-informasi tersebut.

v  Mendapatkan wawasan tentang subyek yang kompleks
Dengan metode mind mapping, maka kita akan semakin mendapat wawasan tentang topik yang kita bahas.

Wawasan yang didapat bukan hanya sebatas yang kita ketahui saja, melainkan lebih banyak dan kompleks sehingga kita dapat mengambil beberapaacuan sebagai konsep mengembangkan ide utama yang dibahas.

v  Meningkatkan kreativitas
Hal terpenting yang bisa kita dapat dengan metode mind mapping  adalah meningkatnya kreatifitas kita dalam memperluas sebuah persoalan atau topik menjadi beberapa sub-topik yang nantinya bisa dijadikan suatu ide dalam menulis postingan.

Konsep Mind Mapping
Konsep dari metode mind mapping itu sendiri yaitu memperluas suatu konsep dalam topik utama menjadi beberapa sub-topik yang saling berhubungan atau berkaitan satu sama lain.
Konsep topik utama akan menjadi acuan dasar dan secara garis besar menjadi pusat dalam menyusun konsep-konsep sub-topik tadi yang menjadi awal dari pemahaman yang nantinya akan dijadikan sebuah penyelesaian dalam bentuk tulisan atau penjelasan.
Manfaat metode mind mapping.
Dengan konsep dan cara kerja metode mind mapping di atas, metode ini memiliki banyak manfaat, yaitu :
v   Memudahakan pekerjaan kita dalam melakukan eksplorasi suatu konsep atau gagasan dari topik permasalahan yang akan kita bahas.
v    Memberi pemahaman lebih dalam menganalisa konsep-konsep yang mengelilingi ide utama yang saling berhubungan.
v  Memberi peluang dalam menemukan gagasan – gagasan baru sehingga dapat mempermudah proses pemikiran kita.
v  Membantu dalam mempermudah mengingat informasi yang dituangkan dalam konsep-konsep yang disusun.

Cara Membuat Mind mapping
Kita dapat membuat mind mapping dengan sangat mudah, seperti cara di bawah ini :
1.       Pertama tulis ide utama yang nantinya akan dikembangkan menjadi beberapa sub-topik.

Caranya dengan menulis ide utama tersebut tepat di tengah kertas catatan yang kita buat. Usahakan menulisnya dengan sedikit besar agar memperjelas ide pokok permasalahan tersebut.

Catatan : gunakan kertas yang sedikit besar dan letakkan dalam posisi landscape agar mempermudah jika kita mendapatkan banyak sub-topik.

2.      Mulailah dengan menulis sub-topik yang berkaitan dengan ide utama di sekeliling daripada ide utama tadi.

Caranya : buat lingkaran untuk member tanda dan batas dalam tulisan beberapa sub-topik yang kita tulis. Hal terpenting dalam menulis sub-topik adalah lakukan brainstormuntuk menemukan beberapa gagasan dalam menulis sub-topik.

Catatan : jangan pernah takut menulis apapun ide yang kita dapatkan, dan buatlah sebanyak yang kita bisa pikirkan untuk nantinya bisa kita kembangkan.

3.      Ulangi langkah kedua untuk membuat sub-topik yang lebih rendah dari sub-topik yang pertama tadi.

Caranya : Pilih salah satu sub-topik turunan dari ide utama, dan tuliskan sub-topik yang relevan dengan sub-topik tingkat pertama tadi.

Catatan : Hal ini tidak wajib dilakukan jika masih dalam tahap pemula, cukup satu tingkat sub-topik terlebih dahulu ( ini berdasarkan pengalaman saya sendiri)

4.      Setelah dirasa cukup dalam menuliskan sub-topik dari ide utama tadi, mulailah dengan membuat pembahasannya satu persatu menjadi sebuah tulisan ataupun artikel yang relevan dengan judul dan permasalahan yang dibahas.

Caranya : Pilih satu sub-topik untuk dibuatkan artikelnya, cari beberapa sumber yang kemungkinan membahas topik sama dan buat penjelasan versi kita sendiri.

Catatan : Buatlah tulisan dan penjelasan yang lebih lengkap dan berkualitas, agar pembaca nantinya akan mendapatkan solusi atau jawaban dari pertanyaan mereka dengan lengkap dan terinci.

Baca juga : Latihan menulis Cepat : Hemat waktu dan Mahir Menulis Berkualitas

Contoh Mind Mapping
Di bawah ini contoh mind mapping yang saya buat di awal mencoba menemukan ide dalam membuat tulisan di blog saya. Walaupun terlihat berantakan dan belum banyak, metode mind mapping ini sangat berguna bagi saya pribadi dalam mengasah dan mengembangkan pola piker dalam menulis artikel. Silahkan dilihat
   

Kesimpulan

Metode mind mapping adalah salah satu metode yang banyak digunakan penulis ataupun blogger dalam menentukan judul dari tulisan-tulisan mereka. Banyak metode yang lain juga yang bisa kita terapkan, yang terpenting adalah metode yang kita pilih kita lakukan dengan serius dan sungguh-sungguh agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat Konsep Postingan dengan metode Mind Mapping"

Post a Comment