Malas Menulis Padahal Waktu Luang? Membaca Saja



Menulis adalah kegiatan memberikan informasi tentang suatu topik yang ditulis oleh seseorang dengan menyalurkan ide dan gagasannya ke dalam tulisannya tersebut. Tidak terkecuali juga seorang blogger, menulis menjadi kegiatan rutin yang dilakukan jika ingin tulisannya dapat dibaca orang lain. Ide demi ide, gagasan demi gagasan dituang kedalam sebuah tulisan yang bermanfaat. Terkadang juga hanya ingin menulis yang dirasakan saat itu.

Pada postingan sebelumnya saya pernah menulis artikel tentang tips dan trik menulis yang dapat membantu anda dalam melatih membuat tulisan

Baca : Cara Membuat Artikel Yang Menarik Pembaca
         Membiasakan Menulis tangan

Malas Menulis


Tidak bisa dipungkiri, rasa malas pasti pernah dirasakan setiap orang yang memiliki kebiasaan dan hobi menulis. Rasa malas tersebut muncul dengan berbagai kondisi dan alasan yang memicunya. Beberapa alasan orang malas menulis bisa anda baca di bawah ini :

#Tidak ada waktu untuk menulis

Seorang penulis tidak selamanya memiliki waktu 24 jam untuk menulis. Terkadang ketika ada kesibukan atau keadaan yang mendadak dan mendesak, waktu untuk menulis tidak ada. 

#Tidak ada ide membuat tulisan

Kondisi seperti ini yang paling sering terjadi terhadap penulis, baik penulis buku ataupun penulis blog. Banyak faktor penyebab seseorang kehilangan ide untuk menulis, bisa karena suasana yang tidak mendukung, kondisi fisik, dan lain-lain.

Baca : Tips Mengatasi Ide Yang Hilang Saat Akan Menulis

#Tidak punya metode yang tepat

Menulis suatu informasi atau tentang suatu topik secara lengkap dan berisi adalah harapan dari seorang penulis. Penulis tidak mau jika tulisannya tidak membuat pembaca merasa tertarik dan senang untuk membacanya. Maka dari itu, banyak penulis berlatih menulis dengan berbagai metode yang didapat dari berbagai referensi. Tapi terkadang terlalu banyak referensi membuat penulis bingung memilih metode yang tepat, dan akhirnya rasa malas datang. 

Baca : Latihan Menulis Cepat

#Tidak punya kemampuan

Penulis yang tidak yakin dengan tulisannya karena merasa tidak memiliki kemampuan dalam menulis, cenderung merasa malas dan akhirnya tidak jadi menulis. Kondisi seperti ini jika tidak diatasi dengan banyak latihan, maka penulis tersebut akan terus-menerus merasa tidak mampu dan tidak bisa.


Malas Menulis Padahal Waktu Luang? Membaca Saja

Nah, ini yang saya maksud dari awal tulisan saya yaitu cara mengisi waktu luang tapi sedang malas untuk menulis. Kegiatan yang bisa dilakukan jika malas menulis tapi anda memiliki waktu luang adalah dengan membaca.

Jika menulis adalah menyampaikan informasi dengan tulisan, maka membaca adalah sebaliknya yaitu mencari dan mendapatkan informasi yang bisa bermanfaat bagi diri sendiri ataupun orang lain.

Dengan membaca di waktu luang, seseorang yang sedang malas menulis ataupun tidak punya ide menulis akan terbuka wawasannya karena membaca.

Manfaat membaca


Manfaat membaca dapat anda lihat dalam uraian di bawah ini :

#Membaca Menyegarkan kembali kinerja otak

Otak yang sedang buntu atau kehabisan ide dapat disegarkan kembali dengan membaca. Membaca dapat anda lakukan dengan memilih topik yang anda suka, dengan tujuan untuk merelaksasi otak dan pikiran anda, sehingga anda kembali siap untuk beraktifitas tidak terkecuali menulis.

#Membaca adalah Cara mencari banyak Ide

Banyak membaca memberikan banyak manfaat juga bagi seorang yang sedang dalam suasana malas untuk  menulis. Dengan memanfaatkan waktu luang anda untuk membaca, anda akan menemukan berbagai macam ide yang bisa anda kembangkan untuk kegiatan menulis anda.

#Membaca meningkatkan kemampuan menulis

Ini yang paling penting, yaitu dengan membaca anda bahkan dapat meningkatkan kemampuan menulis anda. Anda dapat membuat tulisan yang lebih baik dari beberapa bacaan anda, mulai dari gaya penulisan yang baik, tata bahasa dan isi dari suatu tulisan yang anda baca bisa anda jadikan contoh dalam menulis yang bagus.

#Banyak membaca = Banyak menulis

Tanpa anda sadari, kegiatan membaca yang anda lakukan berbanding lurus dengan kemampuan menulis anda. Semakin sering anda membaca, semakin sering pula anda akan membuat tulisan. Maka dari itu, jangan malas untuk membaca.

Kesimpulan

Anda bisa mencari banyak cara dalam mengisi waktu luang anda, termasuk jika anda sedang malas untuk menulis. Salah satunya adalah dengan membaca, karena membaca sangat berkaitan erat dengan kemampuan menulis. Semakin banyak yang and abaca, anda juga akan semakin banyak membuat tulisan tulisan yang bermanfaat buat semua.

Semoga artikel ini memberikan inspirasi buat anda semua.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Malas Menulis Padahal Waktu Luang? Membaca Saja"

Post a Comment