MotoGP Argentina : Marquez Juara, Rossi finish kedua


Rio Hondo – Seri kedua MotoGP Argentina diwarnai dengan drama pertarungan beberapa pembalap. Pertarungan yang paling menarik perhatian adalah antara duel antara Valentino Rossi dengan Marc Marquez dalam memperebutkan posisi pertama.

Balapan pun berakhir dengan kemenangan Marc marquez di Sirkuit Autodromos Termas de Rio Hondo dini hari tadi. Pembalap Repsol Honda itu berhasil meraih finish dengan selisih waktu yang cukup jauh dari Rossi yaitu 7,679 detik.

Rossi finish diposisi kedua dan secara mengejutkan posisi ketiga diraih oleh pembalap setim Marquez, Dani Pedrosa yang disebabkan jatuhnya duo Ducati Andrea Dovizioso dan Andrea Ianone di lap terakhir.

Dovizioso yang berhasil merebut posisi Rossi harus mengalami crash dengan rekan setimnya Ianone akibat jatuhnya Ianone dan menabrak motor Dovizioso hingga keduanya keluar lintasan. Namun Dovizioso terlihat berusaha mendorong motornya sendiri agar mencapai garis finish demi mendapatkan poin.

Pertarungan Marquez vs Rossi sangat sengit dan menjadi sorotan penonton. Beberapa kali dua pembalap tersebut terlihat saling menyalip, namun selalu Marquez bisa kembali menjaga posisi terdepannya dengan menyalip Rossi.

Pertarungan itupun sedikit berubah saat pergantian motor yang diwajibkan oleh Race Direction. Para pembalap wajib mengganti motornya pada putaran 9 dan juga memotong jumlah laps menjadi 20 lap saja.

Keputusan yang diambil race direction disebabkan insiden jatuhnya pembalap Scott Redding pada sesi latihan bebas ke-4. Michelin yang sebagai pabrikan tunggal penyedia ban juga sempat memutuskan mengganti jenis bannya yang semula medium dan hard lalu digantikan dengan ban baru yang sedikit lebih keras dari ban sebelumnya.

Keputusan tersebut yang menjadi anti klimaks bagi pertarungan antara Rossi dan Marquez. Setelah pergantian motor performa motor Marquez semakin baik dan stabil dengan berada di garis depan, sedangkan Rossi yang menggunakan motor baru mengalami penurunan performa dan tertinggal jauh di belakang Marquez.

Kondisi ini yang membuat Rossi akhirnya harus disalip oleh duo Ducati yang berada di belakangnya. Perebutan posisi antara Rossi dan Ianone dimanfaatkan Doviziosi dengan mencari celah menyalip kedua pembalap tersebut dan merebut posisi kedua didepan Ianone.

Marquez yang tak terkejar hingga garis finish akhirnya keluar sebagai juara di MotoGP Argentina. Rossi pun meraih finish kedua setelah pembalap Ducati jatuh keluar lintasan yang sebelumnya pembalap Suzuki Ecstar Maverick Vinales yang duluan jatuh keluar lintasan.

Keberuntungan pun menjadi milik Dani Pedrosa yang saat itu berada jauh di posisi 6 tepat di belakang Scott Redding. Namun karena Redding tidak dapat melanjutkan balapan karena masalah pada motornya, Pedrosa pun melaju ke posisi ketiga di belakang Rossi.

Dari hasil balapan, Marquez sementara memimpin klasemen dengan poin 41, diikuti Valentino Rossi di posisi ke-2 dengan poin 33, dan Pedrosa di posisi ketiga dengan poin 27. Sementara juara dunia MotoGP musim lalu Jorge Lorenzo harus rela tidak mendapatkan poin karena terjatuh.

Berikut Klasemen sementara MotoGP musim 2016 :


Pos
Rider
Team
Bike
Point
1
Marc  Marquez
Repsol Honda Team
Honda RC213V
41
2
Valentino Rossi
Yamaha Factory racing
Yamaha YZR-M1
33
3
Dani Pedrosa
Repsol Honda Team
Honda RC213V
27
4
Jorge Lorenzo
Yamaha Factory racing
Yamaha YZR-M1
25
5
Andrea Divizioso
Ducati Team
Ducati Desmosedici GP16
23
6
Pol Espargaro
Tech 3
Yamaha YZR-M1
19
7
Hector Barbera
Avintia Racing
Ducati Desmosedici GP14
18
8
Eugene Laverty
Aspar Racing Team
Ducati Desmosedici GP14
17
9
Bradley Smith
Tech 3
Yamaha YZR-M1
16
10
Maverick Vinales
Team Suzuki ECSTAR
Suzuki GSX-RR
10
11
Aleix Espargaro
Team Suzuki ECSTAR
Suzuki GSX-RR
10
12
Stefan Bradl
Aprilia Racing Team Gresini
Aprilia RS-GP
9
13
Alvaro Bautista
Aprilia Racing Team Gresini
Aprilia RS-GP
9
14
Tito Rabat
Estrella Galicia 0,0 Marc VDS
Honda RC213V
8
15
Scott Redding
Octo Pramac Yakhnich
Ducati Desmosedici GP15
6
16
Michele Pirro
Octo Pramac Yakhnich
Ducati Desmosedici GP15
4
17
Jack Miller
Estrella Galicia 0,0 Marc VDS
Honda RC213V
2
18
Andrea Ianone
Ducati Team
Ducati Desmosedici GP16
0
19
Cal Crutchlow
Team LCR
Honda RC213V
0
20
Yonny Hernandez
Aspar Racing Team
Ducati Desmosedici GP14
0
21
Loris Baz
Avintia Racing
Ducati Desmosedici GP14
0

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "MotoGP Argentina : Marquez Juara, Rossi finish kedua"

Post a Comment