Bahaya Membiarkan Tangki Bensin Motor Kosong


Otobudi – Merawat motor kesayangan anda dapat dilakukan dengan rutin membawa motor anda ke tempat servis, usahakan bengkel servis resmi. Motor yang selalu diservis performanya akan lebih baik jika dibandingkan dengan motor yang jarang diservis apalagi tidak pernah sama sekali.

Sebenarnya anda sendiri juga bisa melakukan perawatan terhadap motor anda. Anda bisa melakukan perawatan ringan seperti selalu menjaga kebersihan motor dari kotoran akibat pemakaian sehari-hari, terutama jika musim hujan yang meninggalkan banyak lumpur dan tanah yang menempel pada motor anda.

Perawatan yang paling sederhana adalah dengan selalu memperhatikan bahan bakar motor anda. Jangan sampai anda membiarkan tangki motor anda sampai benar-benar kosong, karena itu dapat mempengaruhi komponen tangki bensin.


Alasan membiarkan tangki bensin motor kosong

Tangki bahan bakar pada motor berfungsi sebagai penampungan bahan bakar yang akan dialirkan ke ruang pembakaran guna membuat motor menjadi hidup dan dapat berjalan. Sering kita lihat  ada motor yang sengaja dibiarkan dalam kondisi tangki bahan bakar kosong. Adapun alasan yang sering diberikan pengguna motor yang membiarkan tangki bensinnya kosong antara lain :


  • Ingin mengetahui seberapa jauh konsumsi bahan bakar dalam tangki motor digunakan sampai habis, biasanya ini dilakukan orang-orang yang berkecimpung di duniaotomotif.
  • Pemilik motor sedang pergi keluar kota dan membiarkan motornya sengaja dikosongkan tangki bensinnya.
  • Motor sudah jarang digunakan lagi, karena kemungkinan ada motor baru yang digunakan sehingga motor lama dibiarkan kosong.


Beberapa alasan di atas dapat mempengaruhi kondisi dari tangki bensin motor anda. Di bawah ini akan saya jelaskan beberapa bahaya atau akibat jika membiarkan tangki bensin motor kosong :


1. Tangki mudah korosi

Membiarkan tangki bensin motor dalam keadaan kosong dapat mengakibatkan munculnya korosi atau karat pada dinding tangki bagian dalam. Hal ini terjadi karena tangki yang kosong dapat dimasuki udara luar dan dapat memicu terjadinya oksidasi sehingga menimbulkan korosi atau karat.

Korosi yang muncul dalam tangki yang kosong akan semakin banyak dan dapat mengakibatkan tangki mudah bocor sewaktu-waktu. Maka dari itu, jangan pernah membiarkan tangki dalam keadaan kosong, jika anda tidak ingin tangki anda bocor karena karat yang terlalu banyak dan meluas.


2. Terjadi endapan

Akibat yang kedua adalah tangki yang dibarkan kosong dapat menumpuk endapan di dalam tangki bensin. Sisa-sisa bahan bakar yang mengendap dalam tangki akan menyumbat saluran bahan bakar dari tangki ke ruang pembakaran. Jika hal ini terjadi, motor anda bisa saja mengalami mogok.

Namun jika anda selalu mengisi tangki bahan bakar motor anda, endapan tadi tidak akan berdampak terlalu berbahaya pada tangki bensin maupun pengguna motor.


3. Gangguan Fuel pump

Setelah endapan sisa bahan bakar tadi semakin menumpuk dalam tangki bensin motor, endapan tersebut dapat mengganggu kinerja dari fuel pump yang berfungsi menyalurkan bahan bakar ke dalam mesin motor .

Bahan bakar yang terhalang endapan akan berpengaruh negative terhadap performa mesin motor anda. Motor anda bisa menjadi macet atau tersendat karena bahan bakar yang dibutuhkan untuk proses pembakaran tidak bekerja secara optimal.


4. Sistem Pengapian Terganggu

Masalah yang akan muncul jika tangki dibiarkan dalam keadaan kosong akan mempengaruhi sistem pengapian motor. Terganggunya sistem pengapian akan mengakibatkan motor tidak akan bekerja secara maksimal.

Jika komponen-komponen sistem pengapian mengalami masalah karena tangki yang kosong tadi, maka solusinya adalah mengganti komponen dengan yang baru.  


5. Motor menjadi Boros

Masalah yang sering dikeluhkan adalah motor menjadi boros. Padahal salah satu penyebab motor menjadi boros adalah membiarkan bensin dalam tangki sampai kosong. Tangki yang sudah berkarat, banyak endapan di dalamnya membuat performa motor menjadi menurun, dan tentunya boros bahan bakar.

Penyebab yang lain adalah proses pembakaran oleh bahan bakar tidak dapat diolah dengan baik, sehingga menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros dan tidak optimal.


6. Dompet menjadi Boros

Dengan berbagai masalah yang terjadi pada komponen-komponen tadi, maka anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk mengganti komponen yang rusak akibat tangki kosong tadi. Bukan hanya boros membeli bahan bakar motor, anda pun akan boros dalam membeli spare part yang baru.


Kesimpulan

Alangkah baiknya perawatan sederhana seperti mengisi bahan bakar harus anda perhatikan jika tidak ingin terjadi masalah-masalah di atas.

Sekian sedikit info dan tips dari saya, semoga membantu sobat dalam memperhatikan perawatan motor anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bahaya Membiarkan Tangki Bensin Motor Kosong "

Post a Comment