Membiasakan Diri Menulis Tangan Sebelum Mengetik


Hai sobat blogger, kali ini saya ingin mengajak sobat semua untuk membahas kebiasaan menulis tangan sebelum mengetiknya menjadi sebuah tulisan di blog. Mungkin sebelum itu coba sobat blogger jawab pertanyaan di bawah ini.


Lebih sering mana? Menulis tangan atau Mengetik?


Mungkin jawabannya lebih banyak akan menjawab lebih sering mengetik dibanding menulis tangan. Mengetik kan bukan hanya di laptop atau komputer, mengetik bisa dilakukan ketika menggunakan ponsel, gadget, tablet smartphonesedangkan menulis hanya bisa dilakukan dengan menggunakan buku atau lembaran kertas saja.

Perkembangan dunia teknologi terutama teknologi digital cenderung memanjakan kita semua sebagai penggunanya dengan berbagai macam kemudahan. Mulai dari memainkan game atau aplikasinya, bersosial di layanan sosial medianya, bahkan menulispun sekarang lebih mudah dilakukan langsung dengan mengetik pada aplikasi gadgetatau laptop itu sendiri.


Kebiasaan baik atau buruk?


Jika sobat blogger sudah terbiasa dengan kecanggihan teknologi dan kemudahan di dalamnya, maka lambat laun itu akan menjadi sebuah kebiasaan. Baik atau buruknya tergantung dampak ke depannya seperti apa, apakah menjadikan sobat semua menjadi tidak fokus dengan pekerjaan lain karena sibuk main gadget, atau sebaliknya malah menjadi kebiasaan yang baik karena bisa melakukan apapun secara efisien.

Menulis tangan ketika sebelum mengetik dengan laptop atau gadget sudah jarang dilakukan. Karena dengan semua fasilitas yang sudah ada meungkinkan kita semua bisa langsung menulis di dalam aplikasi dari laptop atau gadgetkita.

Tapi yang perlu diperhatikan disini adalah jangan meninggalkan kebiasaan menulis tangan karena dari tulisan tangan itulah awal dari ide atau gagasan kita dalam membuat sebuah karya tulis, apalagi sobat yang membuat tulisan di blog.


Jangan biarkan halaman kosong?


Membiarkan halaman buku kosong dan lebih memilih kebiasaan mengetik langsung, menurut saya bukan hal yang baik. Bagaimanapun kita butuh konsep, butuh rancangan tentang apa yang akan kita tuangkan dalam tulisan kita di blog.

Jadi sobat blogger, sekali lagi jangan meninggalkan buku agenda anda dalam keadaan kosong ketika akan membuat tulisan di blog.


Kelebihan menulis tangan dibanding mengetik


Nah, sobat blogger yang masih bingung dan ragu dengan penjelasan saya di atas yang panjang, di bawah akan saya uraikan beberapa kelebihan menulis tangan dibanding mengetik, silahkan disimak baik-baik :

1.     Menulis tangan meningkatkan daya ingat

Menulis tangan sebelum mengetik dapat meningkatkan daya ingat lebih baik dibandingkan jika sobat langsung mengetik di depan laptop atau gadget. Hal ini dikarenakan ketika kita menulis tangan, otak kanan akan bekerja lebih dibanding otak kiri.

Semua ide yang kita pikirkan bisa kita tuangkan dalam bentuk tulisan tangan tanpa takut dan ragu akan kualitas dari tulisan kita. Kembali ke awal, menulis tangan lebih baik dilakukan jika sobat akan mengetik sebuah tulisan. Jadi menulis tangan adalah kegiatan awal dalam merancang sebuah tulisan yang akan sobat ketik nanti.

Dengan menulis tangan terlebih dahulu, kemampuan mengingat kita akan meningkat untuk kita sempurnakan nanti saat mulai mengetik.


2.   Menulis meningkatkan kualitas tulisan

Kelebihan menulis tangan yang kedua adalah bisa meningkatkan kualitas tulisan. Dengan kebiasaan menulis tangan, disamping meningkatkan daya ingat dan memaksimalkan ide tulisan, kita juga sambil berlatih meningkatkan kualitas tulisan tangan kita.

Jika menulis saja terlihat bagus dan berkualitas, kita akan menjadi semangat dalam membuat tulisan dengan cara mengetik. Kita akan menjadi termotivasi untuk menulis dan menulis lagi.

Dengan begitu, kebiasaan menulis tidak akan kita tinggalkan malah akan menjadi sebuah ritual wajib sebelum mengetik tulisan tadi menjadi sebuah karya atau artikel di blog kita.


3. Mengurangi gangguan

Bayangkan jika sedang mengetik dan ide sedang mengalir deras dari otak kita menuju syaraf tangan yang sedang mengetik, tiba-tiba laptop atau gadget kita mati karena kehabisan daya baterai atau mungkin error yang tidak bisa kita prediksi. Jika keadaan seperti itu terjadi, maka ide yang tadi sudah kita tulis bisa saja terganggu atau hilang begitu saja.

Tapi jika kita sudah menulis tangan terlebih dahulu konsep dan kreangka tulisan artikel kita tadi. Maka gangguan seperti tadi tidak akan mempengaruhi dari kelancaran tulisan kita.
Jadi, sobat blogger bisa memilih apakah menulis tangan sudah tidak penting lagi sebelum mengetik?

Dari uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan menulis tangan sangat berhubungan dengan mengetik. Menulis tangan itu diperlukan untuk membuat konsep, merancang kerangka tulisan, dan membantu meningkatkan kualitas tulisan kita di blog nanti.

Hubungan menulis tangan sebelum mengetik juga membantu kita merancang konsep ide tulisan yang bisa kita manfaatkan dalam menyusun sebuah artikel yang berkualitas, seperti kita bisa membuat konsep mind mapping dengan menulis tangan di buku agenda.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membiasakan Diri Menulis Tangan Sebelum Mengetik"

Post a Comment