Ciri-ciri aki motor tidak berfungsi dan harus diganti


Ciri-ciri aki motor tidak berfungsi dan harus diganti – Memiliki motor matic berarti sudah seharusnya memahami bahwa aki adalah komponen terpenting untuk menjaga kondisi motor tetap hidup. Aki merupakan sumber listrik pada sepeda motor, terlebih motor matic yang hampir semua sistemnya menggunakan listrik.

Oleh sebab itu, mengetahui ciri-ciri aki yang sudah tidak berfungsi perlu dilakukan. Dengan mengetahui ciri-ciri aki yang tidak berfungsi, maka kita bisa dengan segera menggantinya dengan yang baru.

Berikut ciri-ciri aki motor yang tidak berfungsi dan harus diganti :

1.      Motor sulit di-starter

Aki yang sudah tidak berfungsi biasanya diawali dengan ciri-ciri motor tidak bisa dihidupkan dengan hand starter.Bagi motor matic menghidupkan motor dengan starter tangan adalah rutinitas wajib, karena tidak sempatnya menggunakan kick starter. Penggunaan kick starter hanya digunakan biasanya untuk memanaskan mesin di pagi hari atau setelah motor didiamkan dalam waktu yang cukup lama.

Jika starter tangan sudah tidak bisa digunakan, ini merupakan tanda bahwa aki motor anda sudah lemah, dan jika didiamkan akan menimbulkan kerusakan yang semakin parah terhadap aki motor.

Solusi : Sebaiknya periksa kondisi aki dari kondisi air aki, tegangan aki, dan juga kondisi fisiknya apakah banyak kotoran/karat pada kutub akinya. Jika memang sudah sangat lemah, segera ganti dengan aki yang baru.

2.     Sistem penerangan motor mulai redup

Sistem penerangan pada sepeda motor menggunakan arus listrik dari aki. Lampu motor akan redup ketika kondisi aki sudah lemah, dan kondisi seperti itu akan sangat menganggu jika mengendarai motor saat gelap atau malam hari.

Gejala yang biasa terjadi adalah penerangan motor agak redup jika motor dalam keadaan melaju pelan, dan jika tuas gas ditarik sampai motor melaju cepat lampu motornya menjadi terang. Ini adalah tanda awal aki sudah lemah dalam membagikan arusnya ke komponen kelistrikan sepeda motor.

Bahaya yang mungkin terjadi jika ingin menyalakan lampu tanda belok, tapi lampu redup. Maka keadaan seperti itu sangat membahayakan pengendara karena kemungkinan terjadi kecelakaan.

3.     Klakson tidak berbunyi, bahkan mati

Setelah penerangan motor yang mulai redup, ciri-ciri aki motor tidak berfungsi adalah dengan menghilangnya suara klakson jika di tekan. Gejala awalnya biasanya suara klakson terdengar lemah, lama-kelamaan menjadi hilang.

Klakson merupakan komponen sepeda motor yang cukup penting sebagai tanda suara ketika berkendara di jalan raya. Jika klakson bermasalah atau tidak hidup, maka akan terjadi kesulitan ketika akan memberi tanda pada sepeda motor lain ketika membelok, menyalip, ataupun member peringatan kepada kendaraan lain yang melanggar lalu-lintas.

Catatan :

Aki motor sebenarnya sudah memiliki batasan waktu maksimal pemakaiannya. Namun dengan merawat aki dengan baik oleh pemilik motor, maka aki bisa bertahan dalam waktu yang lama juga.

Kesimpulan :

Sekian ciri-ciri aki motor yang tidak berfungsi dan harus diganti. Semoga artikel ini bermanafaat buat semua.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ciri-ciri aki motor tidak berfungsi dan harus diganti"

Post a Comment