Cara memilih Busi yang tepat untuk sepeda motor


Hai sobat oto blogger, bicara mengenai sepeda motor tidak akan ada habisnya apalagi jika membahas seputar tips dan trik sepeda motor. Kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai salah satu komponen penting dalam sepeda motor, yaitu busi.

Busi menjadi komponen yang sangat penting pada sepeda motor, khususnya pada sistem pengapiannya. Jika ditengah jalan tiba-tiba motor anda mogok, kemudian anda sudah mencoba untuk starter kembali tapi tidak bisa, selain anda harus mengecek kondisi bahan bakar motor anda , anda juga harus memeriksa busi motor anda.

Kemungkinan yang terjadi adalah busi motor anda kotor karena pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna, atau juga karena busi anda sudah lama dan sudah saatnya untuk diganti.

Jika seperti itu kejadiannya, anda harus segera mengganti busi lama dengan busi yang baru.
Memang terlihat sederhana, bahkan dari ukuran saja busi merupakan komponen motor yang kecil. Namun peran busi itu sendiri pada kendaraan sangat dibutuhkan.

Meskipun kecil, tapi kegunaannya terhadap sistem kerja mesin motor sangat penting. Anda bisa mengatasi motor yang macet hanya dengan membersihkan busi (pengalaman pribadi saya).

Apa itu Busi dan jenisnya ?
Busi dalam sistem pengapian sepeda motor memiliki peranan penting. Sistem pengapian sendiri memiliki fungsi membantu proses pembakaran ddalam mesin motor.
Jika pengapian pada sepeda motor buruk atau tidak ada, maka proses pembakaran bahan bakar dalam mesin juga akan terganggu dan buruk.
Maka dari itu, sangat penting untuk memilih busi yang tepat dan berkualitas untuk sepeda motor anda demi menunjang performa motor yang bagus.
Ada beberapa jenis busi yang bisa kita pilih, di antaranya ada busi bersifat dingin dan ada busi yang bersifat panas.
Busi yang bersifat dingin adalah busi yang memiliki kemampuan untuk menyalurkan panas atau membuang panas akibat pengapian, sedangkan busi yang bersifat panas adalah busi yang memiliki kemampuan menahan panas dengan baik.
Berikut ini cara memilih busi yang tepat untuk sepeda motor anda :
1.          Melihat Kondisi Lingkungan
Pertama, memilih busi sesuai kondisi lingkungan anda. Dalam memilih busi, kondisi lingkungan bisa menjadi acuan dalam memilih busi yang tepat.
Jika lingkungan anda berada di tempat yang bersuhu rendah atau dingin, contoh daerah perbukitan maka disarankan agar memilih busi yang bersifat panas.
Memilih menggunakan busi yang bersifat dingin tidak bagus dan akan mengakibatkan busi cepat rusak karena penumpukan karbon.

2.         Melihat Kapasitas Silinder Mesin
Kedua adalah memilih busi disesuaikan dengan kapasitas silinder mesin motor. Jika motor anda memiliki kapasitas silinder mesin di atas 180 cc disarankan menggunakan busi yang bersifat dingin.
Penggunaan busi yang bersifat panas pada mesin di atas 180 cc dapat mengakibatkan overheating.
Sebaliknya jika kapasitas motor anda 180 cc, maka anda dapat memilih busi yang bersifat panas.

3.         Perhatikan perbandingan kompresi
Cara ketiga memilih busi disesuaikan dengan perbandingan kompresi. Jika perbandingan kompresi mesin motor anda di atas 10,5 maka disarankan untuk menggunakan busi yang bersifat dingin.
Sebaliknya, jika perbandingan kompresi mesin motor anda di bawah 10,5 anda bisa memilih busi yang bersifat panas.
Pada motor yang telah dimodifikasi, peningkatan perbandingan kompresi dilakukan dengan menge-press silinder. Setelah itu biasanya mereka menggunakan busi yang bersifat dingin untuk mengimbangi dan sebagi pemicu pembakaran dalam mesin.

Kesimpulan :
Memilih busi untuk sepeda motor tidak boleh sembarangan, jika ingin sepeda motor anda terawat dan baik. Pertimbangkanlah beberapa hal di atas sebelum memilih jenis busi yang akan anda gunakan.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara memilih Busi yang tepat untuk sepeda motor"

Post a Comment